Kamis, 12 April 2012

Selingan saat Sibuk

assalamu'alaikum...
pagi semua ^_^ sudah lama rasanya saya tidak menulis lagi. maklum saya sedang sibuk akhir-akhir ini.

Gimana kabarnya pembaca? apakah sudah semangat? gimana matematikanya sudah ada perkembangan.

hm... nomong-ngomong tentang matematika, dua bulan terakhir saya disibukan dengan tugas yang berhubungan dengan matematika. Mulai dari bedah SKL untuk kelas 9 yang tanggal 23 April nanti bersiap UN (Moga Lulus dan Berhasil ya.... Amiiinn). Persiapan ulangan harian, MID semester. Remedial. Modul UN dan sebagainya. agak ketetran juga sih. tapi tetep semangat memberikan yang terbaikbagi orang lain. 

Disela-sela kesibukan itu ga ada waktu untukmposting tulisan. Jangankan memulai untuk menulis. Medekati notebook saja agak males. Maklum pekerjaan yang tadi saya sebutkan diatas kan adanya di notebook jadi kalo agak males dan kebetulan sedang lapar saya tinggalkan notebooknya sendiri. Sembari berdoa supaya notebook itu bisa menyelesaikan sisa pekerjaan saya :D tapi ternyata... notebook itu males nulis kalo bukan saya yang mengarakan tiap hurufnya agar tertulis dilayar (Gubrag!!! lagi error).

Tapi ada hal yang paling moment yang menyenangkan ketika sibuk. Beneran kalo semisalnya saya lebih fokus dan tidak mempedulikan semua itu saya akan merasa menyesal seumur hidup.

Menyenangkan 1

Disaat saya sedang sibuk-sibuknya ada saja hal yang membuat saya refresh. kelucuan di kelas, entahlah semenjak saat itu saya berpikir, apakah metode mengajar saya cukup jadul sehingga menimbulkan miskomunikasi. oke mungkin pembaca bisa membantu saya menilai kejadian ini.

suatu pagi di kelas yang sangat kacau riang. saya mengajar dengan penuh semangat. Materi harus tuntas sebelum MID semester menjelang. saya harus membuat anak-anak mengerti dengan materi yang saya sampaikan.

Tersuratlah dalam kalimat takdir, bahwa pagi itu saya harus berpikir ulang untuk mempertahankan sebuah pertanyaan. saya menjadi bingung dimana letak salahnya? apakah berada pada diri saya? atau pada murid tersebut. saat itu saya sengan mengajar dengan bahasan sudut dan garis. saya membahas sudut saat itu. saya mengajukan pertanyaan pasa seorang anak yang saya rasa dia belum paham. saya tanya apakah memang belum paham. dia menjawab iya. baik, saat itu saya jelaskan dengan bahasa yang saya rasa mudah untuk dimengerti. sebut saja namanya bunga.... eh ini cowok jadi jangan bunga. bunga mah untuk cewek kali.

jadi siapa namanya? saya sebut saja Fulan

"Fulan... simak kata-kata bapak ya"

"Baik pak!"

"Satu jam berapa menit?"

"60menit pak!" jawabnya semangat

"Kalo satu menit berapa detik?"

"60 detik pak!"

"Bagus! sekarang kan kalo satu jam 60 menit. nah kalo setengah jam berpa menit?"

"Apaan pak pak?" 

"???..."

see... dari sini saya menangkap sebuah keganjilan. saya ulangi lagi pertanyaannya.

"Hmm... Fulan dengerin ya baik-baik. perhatikan apa yang bapak katakan"

"Iya pak..."

"Satu jam berapa menit?"

"60menit pak!" jawabnya semangat

"Kalo satu menit berapa detik?"

"60 detik pak!"

"Bagus! sekarang kan kalo satu jam 60 menit. nah kalo setengah jam berpa menit?"

"Apaan pak pak?"

again... saya mulai gusar. saya pikir pertanyaannya wajar saja. kenapa mulai ga mudeng ya. sementara anak-anak yang lain tertawa.

"Ah itu sih gampang pak, saya saja" kata anak sebelah kiri.

"Iya pak. saya aja..." kata anak sebelah kanan.


"Saya aja pak!"


"Saya aja deh!"


kacau riuh dan rame sebenarnya saya gak suka. berarti semua anak menanggapi dengan baik. tapi, ada apa dengan muuu... lho..lho..lho... kok jadi nyanyi lagunya peterpan. maaf pembaca saya lagi galau memikirkan anak yang tadi. 


nah para pembaca yang budiman, adakah yang salah dengan pertanyaan saya? adakah keganjilan disana? oke memang saya kalo ngajar errror unik. saking uniknya saya nulis error triplel r jiaaah.. tapi tenang saya sudah mencoretnya kok.

oke fokus lagi. saya kadang mengajar dengan penuh teriakan semangat. supaya anak-anak tidak tidur. ada yang salah dengan kasus saya tadi?

tapi setelah dipikir-pikir dan bertanya pada semua siswa yang dari tadi berkata "saya aja deh pak" saya tidak bersalah (Huft... alhamdulillaah.... ^_^ ). jadi saya pikir itu murni karena siswa tersebut. setelah saya selidiki ternyata.... dia ga fokus karena lapar. jiaaaaaaahhh... sama Gubrak!!! :D


 Menyenangkan 2


Kejadian itu saat saya sedang memeriksa nilai UTS. saat saya memeriksa saya berdoa semoga ada yang nilainya diatas 100 (nih guru error ya...>_< ). eh ternyata gak ada. 


Saya sempat bertanya kepada murid-murid apakah pelajaran yang mau di UTSkan gampang? mereka jawab iya. saya sangat bahagia saat itu. hiks berhari-hari saya mengajar mereka dan saat ini mereka sudah mengerti bahwa matematika ternyata mudah

"Kata siapa pak?"

"Ih... jangan bocorin suasana dong! kan judulnya Menyenangkan. sana gih kerjain pr-ernya"

"Yah pak pe-er mulu deh"

"Sudah kerjain sana jangan ganggu."

maaf pembaca tadi anak murid saya ikut nimbrung. saya juga ga sadar ternyata anak murid saya baca tulisan ini juga. hehehehehe

Dan singkat cerita MID terlewatkan dengan biasa saja.

Namun saat melihat hasilnya.... apaaaaaaa???? kok gini??? sya meratap saya itu (lebay) tapi ga jadi. sebab saya melihat ada yang berubah. beneran. seorang siswa ada yang memperbaiki nilainya. yang dulu 60an sekarang jadi *@ jiah saya salah ketik pembaca maaf 82 maksudnya. saking bahagianya.

oke ini harus di tindak lanjuti. harus di kasih reward...

hm... bagi yang ingin mendapatkan reward juga tingkatkan semangat belajarnya ya. tapi jangan karena rewardnya semangat belajar kalo ga ada reward males lagi. jangan ya...

tetap semangat. matematika itu mudah!

"Ga pak susah!"

"Ih neh anak nimbrung aja! sana kerjain tugasnya"

"Tapi susah..."

"Mau dapat hadiah ga?"

"Mau..."

"Ya udah kerjain dengan baik. kalo nilainya 100 dapat hadiah!"

"Tapi susah..."

"Kerjain ga?" saya mengangkat kotak pencil. "Tahu ini apa?"

"Kotak pensil"

"ya sudah kalo sudah tahu. cepat kerjain sana" 

:D
kadang saya error unik. pembaca.


oke semuanya semoga tetap semangat belajar!!!
 

 

3 komentar:

  1. tips trik blogging http://blognp.cc.cc/search/label/blogging

    BalasHapus
  2. matematika itu unik http://www.kaskus.us/showthread.php?t=13366014

    BalasHapus
  3. makasih atas triknya. :) salam kenal dari saya.

    BalasHapus