Senin, 06 Februari 2012

Masalah Belajar Pada anak (saat anak merasa Error :D) Part !

Banyak masalah yang di hadapi oleh seorang guru dalam dunia pembelajaran. Administrasi, beban mengajar, pemahaman siswa, pengkondisian kelas dan tentu saja urusan pribadi guru juga merupakan hal yang urgent pula kan? Apalagi kalo guru tersebut masih bujangan. Ga ada yang menyediakan makan pagi, makan siang dan makan malam. (curcol dikit)

Ya… begitulah nasib guru bujangan. Tapi itu bukan yang akan saya bicarakan pada kesempatan ini. Karena masalah pribadi kadang bisa begitu terlupakan dengan berbagai masalah kantor atau kerjaan. Khususnya saya yang masih bujangan ini sibuk mempersiapkan persiapan melepas lajang. Lho??? Temanya kok masih sama ya. Maaf pembaca saya sedang sedikit kasmaran jadi begitu deh namanya juga bujangan. Hehehe…

Eh, tapi bener loh, menjadi guru itu banyak hal yang mesti dikerjakan.  Hal yang paling penting yaitu bagaimana agar siswa yang dididik mengerti dan dapat merealisasikan pelajaran yang berarti bagi kehidupan si murid. Guru akan merasa sangat bahagia jika melihat muridnya sukses dikemudian hari.

Tapi, sebelum si murid sukses ini, ada hal yang menjadi dilema bagi kebanyakan murid dalam beberapa mata pelajaran. Ya khususnya matematika, kenapa ya matematika merupakan hal yang sangat ditakuti.
Pernah saya ngajak ngobrol murid privat saya yang kelas 9

“dek, gimana Try Outnya?”

“aku agak gugup dalam pelajaran matematika kak. Susaaah banget. Kalo yang lain sih gampang “

See???

Atau

“kak jelasin lagi materi yang tadi ya. Coz guruku aneh masak kalo nilai kelompokku kecil aku yang disalahkan. Metang-mentang aku ketuanya. Kan gak adil”

“hm… yang mana yang belum paham”

“semuanya yang tadi kakak ajarin aku belum ngerti hehehehe”

Gubrak!!!

Ini murid lemot aja ya? Ckckckckc atau gurunya yang imut ini terlalu super (baca: error) dalam menjelaskan.

Dan ada satu lagi murid privatku yang error lagi.

“guruku tuh kak, superduper aneh. Aku punya dua guru matematika. Yang pertama pa luki** dan waski**(sengaja disamarkan) materi satu suka bego-begoin. Yang satu lagi genit. Yeee… gimana pelajaran mau masuk”

“oh kok gitu? Tapi ga masalah dalam ulangannya kan?”

“ga seh, pada dasarnya mereka baik, tapiiiiiii ngasih remedial itu loh kak seabgreg emang pelajaran matematika doang.”

“ya udah yo kita belajar”
 
“kakak jelasin dulu, coz aku ga ngerti semua pelajaran materi kelas 10 ini. Dari awal ya kak”

Jika aku jadi icon kartun pasti aku akan terjungkal kebelakang kejedot tembok atau jatuh berdebam seperti dalam kartun-kartun di tivi.

Hm… aneh ya? masalah guru selain banyak juga gokil hahahaha….

Dan yang paling penting tuh guru matematika kudu bisa ngasih pejelasan yang rinci dan mencerahkan. Missal ngajrin KPK dan FPB duh, ga ketulungan bagi anak yang kecerdasannya di bawah rata-rata. Konsep yang mereka kuasaain harus ajeg. Apa itu konsep dasarnya. Ya itu tambah, kurang, bagi dan kali. Tapi tetepsaja kalo merekalagi lemooottt kiat mesti bersabar. Hmm… nanti deh di kesempatan lain lagi pembaca say bagi tips dan cara cepat untuk anak-anak. Berhubung ini sudah malem dan saya harus tidur biar besok ga telat ngajar (kebiasaan terlambat mulu hehehehe) so saya harus mengucapkan Lailatukum sa’idah dadah….

Tidak ada komentar:

Posting Komentar