Senin, 06 Februari 2012

Masalah Belajar Pada anak (saat anak merasa Error :D) Part 2

Profesi guru mungkin bersesuaian dengan konselor atau psikiater. Apalagi kalo yang ngajar (guru) orangnya baiiikkk banget. begitu juga dengan gurur les. saat guru les akan memulai les mereka akan dengan rela (baca: kepaksa) dengerin dulu curhatan murisnya tentang guru sekolahnya yang Super (baca: agak error) menurut mereka.

"Kak, masa aku dikerjain mulu sama guruku. Guru itu kan bilang tolong perhatikan nanti kalo yang bercanda ditanya. nah aku kan ga mau di tanya trus aku perhatiin deh guruku."

"trus?" tanya saya penasaran

"Nah temenku yang di depan itu berisik, trus di tegur. aku nimpalin gini: makanya jangan berisik"

"Excel, kok kamu ribut! baik jawab pertanyaan ini bla...bla..bla... jiah kan aku merhatiin dari tadi"

"Hahahaha"

"Trus, aku kan diem, ga ngomentari kalo temen ditegur. eh gurunya bilang gini. Excel kamu selalu saja berisi, ga cape apa? jiah... aku kan merhatiin kale???"

"bwahahaha.... mungkin excel sudah masul black list anak yang sering berisik di kelas, jadi kalo ketemu excel kangen pengen nanya. biar excelnya pinter" yang di nasehatin manyun lalu nyengir kuda.

murid yang lainnya belajar kalo mau UTS, Ulangan Harian, Atau Ulangan Semesteran. saaat saya datang dia sibuk bercerita tentang kebaikan gurunya (baca: tugas ekstra) yang harus dikumpulkan saat ulangan nanti. tugasnya membuat soal. busyet seabreg-abreg.

"Woles kak (ini plesetan dari kata slow), kita nyantai dulu. tahu ga kak bla..bla..bla..."

kapan belajarnya dek???

hm... tapi setelah dipikir-pikir memang murid itu butuh dengan penyegaran. salah satunya adalah dengan bercurhat ria. mengungkapkan uneg-uneg mereka. ketika disekolah mereka mendapatkan materi ajar yang cukup melelahkan.

tapi ada yang membuat saya heran. kenapa siswa jaman sekarang agak tertinggal dalam memahami pelajaran. padahal fasilitas banyak dan memudahkan mereka mengakses media pembelajaran. jaman jadul dulu guru hanya masuk sebentar jelasin ngasih tugas. pada pinter. mungkin jawabannya karena hal tadi. perhatian.

moga kita selalu memperhatikan anak murid kita. bukan berarti marah (baca: tegas) adalah hal yang tidak boleh. bermurah hati berlebihan bahkan membuat anak jadi malas. namun pada hakikatnya.
kalo semua di bicarakan masalah pendidikan di Indonesia bisa teratasi.

wah pembicaraan saya sedikit formal ya. sesuatu... :D

Tidak ada komentar:

Posting Komentar